Monday, April 11, 2022

Apakah 10 Mbps Itu Sudah Cukup Cepat?

 

Unlimited Internet First Media

Memaksimalkan pengalaman berselancar di dunia maya, maka bisa menggunakan promo unlimited internet First Media sebagai pertimbangan. Paket internet yang sedang promo dan diberi keterangan “unlimited” memang sangat menarik. Rata-rata menyajikan kecepatan internet 10 Mbps atau di bawahnya. Lalu, kecepatan tersebut sebenarnya tergolong cepat atau justru lambat? 


Kecepatan 10 Mbps, Cepat atau Tidak?

Kecepatan 10 Mbps sering sekali ditawarkan oleh berbagai provider untuk paket internet tertentu yang disediakan. Bagi orang awam, kecepatan di angka tersebut tentu memunculkan pertanyaan. Apakah cepat atau justru lambat? Kecepatan akses internet memang perlu diperhatikan karena mempengaruhi lancar tidaknya beraktivitas online. 


Arti dari kecepatan 10 Mbps sendiri adalah memberikan kecepatan akses sekitar 1.250 KB/detik. Kecepatan ini tergolong standar, artinya tidak bisa dikatakan lambat dan tidak bisa dikatakan sangat cepat. Angka ini ada di tengah-tengah. Tentunya dengan beberapa catatan khusus, sebab kecepatan internet bisa naik dan turun karena banyak faktor. 


Misalnya dari segi penggunaan, apabila kecepatan 10 Mbps digunakan untuk kebutuhan standar seperti browsing di browser atau bermain di media sosial. Maka dijamin akan terasa sangat lancar. Sebaliknya, jika digunakan untuk akses yang lebih berat seperti streaming di Youtube atau menonton drama Korea. 


Kecepatan 10 Mbps masih tergolong cepat jika hanya digunakan 1-2 orang saja dengan 1-2 perangkat. Namun, jika digunakan streaming di atas 3 perangkat maka kecepatan internet akan sangat lambat. Bahkan tidak mendukung untuk memutar video yang ditonton di channel streaming. 


Jumlah Maksimal Pengguna Kecepatan 10 Mbps

Kecepatan 10 Mbps masuk kategori kecepatan standar sehingga lebih ideal untuk kebutuhan online yang standar juga. Kegiatan online standar ini seperti akses browser, membuka akun media sosial, belanja online di marketplace, dan sejenisnya. Namun jika melibatkan video seperti streaming dan bermain game maka tergolong lambat. 


Jika sudah terlanjur menggunakan paket internet atau wifi rumah dengan kecepatan 10 Mbps, maka perlu memperhatikan jumlah pengguna di satu rumah. Sebab secara logika, semakin sedikit pengguna maka semakin lancar akses internetnya. Berikut beberapa catatan yang bisa dijadikan panduan: 


1. Kecepatan 10 Mbps untuk kegiatan standar seperti bermain media sosial dan menggunakan browser yang rata-rata butuh 1.5 Mbps. Maka maksimal digunakan antara 6-8 perangkat saja untuk online bersamaan. 

2. Kecepatan 10 Mbps untuk streaming, dimana satu perangkat membutuhkan sekitar 5 Mbps. Maka satu rumah maksimal 2-3 perangkat saja. 

3. Jika kualitas jaringan menurun dari provider, maka kecepatan internet akan menurun dengan sendirinya. Maka harus jeli dalam memilih provider agar kualitas jaringannya stabil. 


Dengan catatan tersebut maka pengguna wifi rumah dengan kecepatan 10 Mbps bisa mengatur jumlah pengguna dengan baik. Tujuannya tentu saja untuk menjaga kecepatan akses internet tetap stabil. Selain itu, penting untuk memilih provider yang tepat yakni yang jaringannya stabil. Sebab semakin stabil jaringannya maka semakin baik kualitas kecepatan akses internetnya. 

Artikel Terkait

Apakah 10 Mbps Itu Sudah Cukup Cepat?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email