Saturday, October 23, 2021

Efiling Badan: Apa Yang Penting Untuk Diketahui?

 

Lapor SPT

Bisa dikatakan jika kemunculan e-filing merupakan salah satu kemajuan yang sangat menarik perihal pengurusan pajak. Hal ini dikarenakan dengan adanya e-filing tersebut, maka pembayaran pajak bisa dilakukan di mana saja dengan lebih mudah tanpa antre. Nah, perlu diketahui bahwa ada beberapa layanan yang disediakan oleh e-filing, salah satunya adalah efiling badan.


Sebagaimana diketahui bahwa wajib pajak dalam kaitannya dengan pembayaran pajak dibagi menjadi dua, yaitu wajib pajak secara personal atau pribadi dan badan. Meskipun ada beberapa kemiripan, namun ada beberapa hal berbeda dan secara khusus ada pada e-filing badan.


Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait e-filing badan, terlebih beberapa hal yang perlu diketahui. Apa saja hal tersebut? Simak ulasan selengkapnya!


Siapa Pengguna dari e-Filing Badan Tersebut?

Berbincang tentang e-filing badan, pengertian singkat mengenai aturan perpajakan ini adalah e-filing badan merupakan pelaporan SPT yang diterapkan pada pengguna formulir SPT 1771. Dalam hal ini, wajib pajak yang dituju adalah badan.


Terkait badan, menurut aturan yang tercantum pada Undang-Undang Pajak Penghasilan (UU PPH), apa yang dimaksud dengan istilah badan adalah sekumpulan orang dan/atau modal yang merupakan sebuah kesatuan, baik yang melakukan atau pun yang tidak melakukan usaha. Subjek dari WP badan ini harus membuat laporan SPT melalui e-filing yang sudah disediakan.


Tent saja, ada landasan peraturan mengenai WP badan. Aturan yang digunakan adalah peraturan dari Direktorat Jenderal Pajak atau DJP melalui peraturan PENG-04/PJ.09/2016. Detail peraturan tersebut adalah sebagai berikut:


“Kewajiban Pelaporan Pajak secara Elektronik bagi Pengusaha Kena Pajak (PKP) Pengguna e-Faktur bahwa WP Badan yang Telah Dikukuhkan sebagai PKP (Pengusaha atau Perusahaan yang memiliki omzet bruto di atas Rp4,8 miliar setahun) yang Membuat e-Faktur Wajib Melakukan e-Filing SPT Tahunan PPH Badan.”


Dari aturan di atas bahwa ada batasan mengenai siapa badan yang harus membayar pajak. Batasan tersebut adalah omzet bruto dengan batas bawah 4,8 miliar per tahun.


Adapun bentuk dari badan di mana mereka harus melakukan pembayaran SPT melalui efiling badan adalah sebagai berikut:


Perseroan Terbatas (PT)

Persekutuan Komanditer (CV/CommanditaireVennootschap)

Perseroan lainnya

Firma

Kongsi

Koperasi

Dana Pensiun

BUMN/BUMD dengan nama dan dalam bentuk apapun

Yayasan

Organisasi Massa atau organisasi yang sejenisnya

Lembaga

Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Bentuk Usaha Tetap (BUT)

Persekutuan

Perkumpulan (dapat berbentuk asosiasi, persatuan, perhimpunan, atau ikatan dari pihak-pihak yang mempunyai kepentingan)

Bentuk Badan lainnya


Dari beberapa poin di atas bisa diketahui beberapa jenis badan yang memiliki kewajiban untuk membayar SPT. Pembayaran yang urung dilakukan nantinya bisa berdampak pada perizinan dari badan tersebut.


Dokumen yang Perlu Disediakan Untuk Laporan SPT

Untuk pelaporan SPT menggunakan e-filing badan, ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan sebelumnya. Adapun beberapa dokumen tersebut adalah sebagai berikut:


1) SPT formulir 1771

2) Laporan keuangan dan beberapa dokumen pendukung lainnya yang diperlukan

3) Penghitungan Peredaran Bruto & Pembayaran (Khusus Wajib Pajak PP 46)

4) Laporan Debt to Equity Ratio & Utang Swasta Luar Negeri (Khusus Wajib Pajak PT yang membebankan Utang)

5) Laporan Penyampaian CBCR Country oleh Country Report)

6) Daftar Nominatif Biaya Entertainment (jika ada)

7) Daftar Nominatif Biaya Promosi (jika ada)

8) Ikhtisar Dokumen Induk & Dokumen Lokal (Khusus Wajib Pajak dengan Transaksi Hub Istimewa)

9) Khusus Wajib Pajak MIGAS: Laporan Tahunan Penerimaan Negara dari Kegiatan Hulu Minyak dan/atau Gas Bumi


Demikian beberapa ulasan tentang efiling badan dan beberapa hal yang perlu diketahui untuk kemudahan pembayaran. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

Efiling Badan: Apa Yang Penting Untuk Diketahui?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email