Sunday, September 26, 2021

Cara Membedakan Cincin Emas Asli dan Palsu

 

Cincin Emas Blibli

Perhiasan adalah aksesoris yang bisa digunakan melengkapi citra diri dan penampilan sehingga akan terlihat lebih menarik. Ada banyak jenis perhiasan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu jenis perhiasan yang paling umum adalah cincin emas asli. Cincin emas asli terakhir dibagi menjadi dua bagian yaitu white gold dan rose gold.


Keduanya juga akan berbeda dalam jumlah emas di masing-masing. Cincin emas asli dapat digunakan setiap hari karena memiliki desain berbeda. Cincin emas asli juga digunakan sebagai simbol pernikahan, sehingga cincin emas asli dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan fungsi untuk menjaga penampilan.


Ciri Cincin Emas Asli


1. Periksa Sertifikat Emas

Pastikan untuk memeriksa sertifikat emas Anda sebelum membeli emas. Caranya dengan meletakkan sertifikat emas di bawah sinar ultraviolet. Jika sertifikat itu asli, ada garis kecil berwarna seperti yang ada pada uang kertas dan blok hijau di setiap detail sertifikat. Kemudian pastikan Anda melihat logo asli dari perusahaan percetakan sertifikat yang diberi watermark.


2. Menggigit Emas

Cara sederhana ini ternyata sangat digemari oleh semua orang. Misalnya, pernahkah Anda melihat seorang atlet memenangkan pertandingan dan kemudian menggigit medali emas? Ternyata upacara itu seharusnya menjadi cara untuk memverifikasi keaslian emas. Mengingat emas termasuk logam dengan sifat luar biasa. Semakin tinggi atau murni emas, maka akan semakin lunak.


Jika Anda pernah mencoba menggigit emas dan masih terdapat bekas gigitan, kemungkinan besar emas tersebut asli atau memiliki tingkat kemurnian yang tinggi. Namun, Anda tidak dapat menggunakan metode ini ke perhiasan emas karena perhiasan emas biasanya dicampur dengan logam lain seperti perak dan tembaga.  Pencampuran emas dan logam lainnya dilakukan untuk menjaga tingkat ketahanan emas. 


3. Dekatkan ke Magnet

Magnet adalah metode pelengkap lain yang dapat digunakan untuk menentukan apakah emas itu asli atau palsu. Mengingat emas bukan logam magnet, jika didekatkan dengan magnet, emas asli tentu tidak bisa menempel.


4. Gosok Kemudian Lihat Warnanya

Emas asli dapat dikenali dari kandungan warnanya. Coba gosok permukaan emas dengan tangan atau jari telunjuk. Jika warnanya menjadi pudar dan tidak rata setelah digosok, bisa dipastikan itu adalah emas palsu. Namun, jika perubahan warna tidak ada, itu adalah emas asli.


5. Goreskan Pada Keramik atau Kertas

Coba goreskan emas ke keramik atau kertas, jika emas tergores pada keramik atau kertas berwarna kehitaman, bisa jadi palsu karena emas asli tidak akan tergores.


6. Uji Keaslian dengan Suara

Alternatif lain adalah menjatuhkan emas dengan koin. Emas asli akan berbunyi panjang dan bernada tinggi ketika mengenai logam lain. Sementara itu, emas palsu atau logam lain akan terdengar jauh lebih singkat


7. Teteskan Cairan Asam pada permukaan

Salah satu cara terakhir untuk membedakan emas dan kuningan yaitu dengan meneteskan cairan asam ke permukaan. Reaksi pertama yang ditimbulkan kuningan ketika cairan asam menetes di atasnya adalah munculnya gelembung-gelembung kecil namun emas tidak akan bereaksi apa-apa.


Model Cincin Emas Asli Terbaru 2021

Model cincin emas asli terbaru di tahun 2021 ini yaitu birtstone ring. Model cincin ini dihiasi dengan batu permata atau berlian yang menonjol dan hanya ada pengait tanpa batu di tepinya. Desain cincin ini terasa sederhana dan elegan secara bersamaan. 


Model cincin emas asli yang kedua adalah claddagh ring, model cincin ini sekilas memiliki bentuk yang sama dengan mahkota, namun jika diperhatikan lebih seksama, cincin ini memiliki bentuk yang berbeda dengan bentuk mahkota. Apabila Anda berniat membeli cincin emas asli, Anda bisa melakukan pembelian di Blibli.com dengan memilih toko resmi dan terpercaya dan manfaatkan promo dari Blibli.com. 


Artikel Terkait

Cara Membedakan Cincin Emas Asli dan Palsu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email